Melanjutkan pembahasan sebelumnya.mengapa memilih analisis SWOT.
Analisis SWOT, strengths, weaknesses, opportunities, dan threats adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Beberapa alasan menggunakan analisis SWOT:
1. Analisis mendalam mengenai aspek komplek internal dan eksternal
2. Dapat digunakan untuk berbagai macam permasalahan, misalnya
- Menyusun perencanaan organisasi secara global (blue print)
- Menyusun strategi implementasi, misalnya strategi implementasi fungsional pemanfaatan teknologi informasi dan telkomunikasi.
- perusahaan (bagaimana posisinya di pasaran, kemampuan bertahan hidup secara komersial)
- Metode distribusi
- Brand produk
- Ide bisnis
- Pilihan stratejik seperti memasuki market baru atau meluncurkan produk baru
- Peluang untuk mengetahui hasil yang dicapai
- Menetapkan siapa partner yang potensial
- Menetapkan penggantian supplier
- Menetapkan outsourcing a service
- Aktivitas sumber daya
- Peluang investasi
- dan lain-lain
- Product (Apa yang dijual?)
- Process (Bagaiman menjualnya?)
- Customer (kepada siap produk akan dijual?)
- Distribution (Bagaimana mencapai mereka?)
- Finance (bagaimana biaya, harga dan investasinya?)
- Administration (bagaimana memanajemen itu semua?)
- SWOT efektif memetakan competitor, sehingga anda tahu siapa competitor anda
- Nilai manfaatnya telah dibuktikan oleh berbagai jenis perusahaan besar dunia
0 komentar:
Posting Komentar