Senin, 28 Desember 2009

Tips Dasyat Merespon Kecepatan Kemajuan Iptek (2)


# Tips Kedua # Cari bidang Keahlian sobat, ini harus ada!

Ingat sobat ini adalah era globalisasi, era kompetisi, masa dimana orang-orang yang tidak punya kelebihan akan terdepak dari kompetisi hidup ini dan selanjutnya akan menjadi manusia yang gagal. Sebagai generasi muda segera temukan jati diri sobat, melalui penentuan bidang apa yang cocok menjadi spesialisasi sobat. Jika memang secara alami sobat belum bisa menemukan, tenang saya punya tipsnya.

Pertama, tanyakan dalam diri sobat pekerjaan/bidang apa yang sobat senangi dan yang tidak senangi? Kedua,tanyakan dalam diri sobat pekerjaan/bidang apa yang sobat anggap sulit dan yang sobat anggap mudah? ketiga, instrospeksi diri dalam hal apa sobat memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan orang lain pada umumnya, keempat cobalah terbuka tanyakan kepada teman terbaik anda bidang apa yang sebaiknya sobat fokuskan. Jika semua itu belum memantapkan pilihan sobat langkah terakhir adalah sobat bisa mencoba untuk menggunakan psikolog. Tujuannya untuk membantu menstimulasi menentukan bidang apa yang cocok untuk diri sobat, tentunya dengan memperhatikan minat dan bakat serta prospek masa depan yang akan sobat jalani.

Misalnya; sobat seorang yang sangat futuristic senang dengan perkembangan teknologi khusunya teknologi internet dan minat sobat kebetulan pada dunia marketing, untuk masa depan sobat tentunya ingin bergerak untuk mengahasilkan uang. Tentunya sobat akan focus pada bidang bsinis online atau internet marketing, dan hal ini yang barangkali disadari oleh para pebisnis online yang sukses di luar sana.

# Tips Ketiga # Fokus pada bidang keahlian sobat

Saat ini masyarakat dunia pada umumnya menghendaki seseorang yang memiliki spesialisasi di bidangnya. Semangat ini yang seharusnya sering ditanamkan pada generasi muda agar menjadi orang yang special bukan orang standar pada umumnya, artinya tiap generasi mudah harus memiliki kelebihan masing-masing di bidang masing-masing. Sebab dengan menjadi seorang yang spesial akan banyak dibutuhkan oleh orang lain. Saya yakin, seribu banding satu jika ada menemukan orang-orang yang sukses di banyak bidang. Pada umumnya orang-orang yang sukses adalah mereka yang spesifik pada bidangnya masing-masing. Mereka yang sukses adalah mereka yang memiliki prioritas, spesialisasi di bidang tertentu. Tapi fokus bukan berarti tidak memahami hal lain yang diluar bidangnya, jadi tetaplah berusaha agar sobat memahami pula bidang-bidang lain yang bukan bidang spesialisasi sobat, paling tidak minimal sobat "tahu" banyak hal diluar sana meskipun tidak ahli karena memang bukan bidang keahliannya. Tujuannya tidak lain biar tidak banyak di bohongi orang, mengurangi dosa orang-orang yang sok tahu di depan kita. Pengalaman pribadi neh, kadang kala kita pernah merasa jengkel banget bicara dengan orang yang sok tahu banget di depan kita karena memang kita tidak begitu paham tentang yang dibicarakan, setelah kita kroscek ternyata tidak semua yang dibicarakan itu benar artinya "lebay", jengkel banget kn ngerasa seperti di bohongi?! maklum kemampuan manajemen diri masih belum bagus jadi kadang-kadang energi negatif (jangkal/emosi) suka keluar, mudah-mudahan tidak demikian dengan sobat.

# Tips Keempat # Kejar ketinggalan sobat dengan teknik belajar Now-Future

Saya ingat tips yang keempat ini pernah diungkapkan oleh Bapak teknologi Indonesia, B.J. Habibie, beliau memotivasi generasi muda Indonesia dengan menyatakan bahwa era globalisasi akan semakin memudahkan perkembangan teknologi yang pesat dan tingkat tinggi masuk ke Indonesia, jika pemuda Indonesia hanya mempelajari teknologi masa lalu maka akan ketinggalan dan tidak akan pernah bisa sampai seperti bangsa barat. Justru yang perlu dilakukan sekarang adalah update terus informasi pelajari informasi perkembangan teknologi atau ilmu pengetahuan apapun yang ada sekarang (tentunya sesuai dengan bidang sobat), jika butuh bahan flashback sedikit ke belakang ke generasi sebelumnya boleh, namun kemudian harus segera maju pelajari dan rencanakan untuk ilmu pengetahuan dan teknologi ke depan.

Contoh realnya adalah penggunaan operating system, sekarang beralih ke windows XP SP3 pelajari secara mendalam tentang windows XP SP3 boleh sedikit flashback ke belakang menengok XP SP2, ingat hanya untuk membandingkan, selanjutnya bersiaplah untuk mempelajari penggunaan vista kemudian Windows 7 masing-masing tentunya punya kelebihan dan kelemahan. Jadi tidak hanya menggunakan untuk trend tapi memang sesuai kebutuhan.

# Tips Kelima # Bangun korelasi dengan rekan-rekan sebidang

misalnya melalui milis, forum diskusi tatap muka, kegiatan-kegiatan seminar. Dengan demikian sobat akan senantiasa update perkembangan informasi yang sobat bidangi, selain itu akan menjadikan sobat untuk selalu instropeksi diri dengan membandingkan kemampuan yang sobat miliki dengan orang lain yang sebidang dengan keahlian sobat sehingga anda tetap bisa memproyeksikan bagaimana menjadi yang paling unggul di bidang tersebut.

Selain itupula melalui jalur ini seringkali kita tidak perlu memahami segala sesuatu yang baru dengan sulit, sebab di dalam forum itu sudah banyak yang memahami hal baru tersebut lalu menyampaikan atau membuat suatu resume. Sehinggan sobat tinggal terima instan dan mempelajari dengan mudah hal baru tersebut melalui rekan sobat di forum tersebut.

# Tips Keenam# Jangan Pernah Berhenti Belajar

Ada pepatah mengatakan “ tuntutlah ilmu hingga keluar angkasa”. (ga tau neh pepatah dari mana). Intinya adalah Belajarlah dari banyak hal, sebab media pembelajaran gratis saat ini sangat mudah ditemukan, jadi tidak ada ada alasan untuk tidak memiliki keahlian. Mulai dari blog internet, free e-book, perpustakaan..dll.

# Tips Ketujuh # Disiplin dan Tetapkan schedule pengembangan diri

Hal ini sangat penting, mengikuti perkmbangan informasi dan TI perlu diatur sedemikian rupa sehingga sobat selalu update. Paksakan diri sobat untuk selalu disiplin mempelajari suatu hal. Buat schedule harian “misalnya dalam 1 hari saya wajib baca 1 jurnal administrasi publik, 1 jurnal perkembangan TI, 1 Jurnal perkembangan internet dan 1 bacaan tentang bisnis online serta jangan lupa bagi yang muslim 1 halaman alquran minimal. Jika 1 hari sobat lewatkan membaca, tanamkan pada diri sobat untuk menggantinya di lain hari.

# Tips Kedelapan # Buatlah karya sendiri

Dengan membuat karya sendiri seolah-olah sobat telah mengaplikasikan segala ilmu yang sobat miliki. Karya sendiri mencerminkan tingkat profesionalitas seseorang. Hasil karya akan semakin menancapkan ilmu, pengetahuan dan teknologi yang sobat pahami agar semakin ekspert di bidangnya. Hasil karya tentunya  harus berguna bagi orang lain, berguna bagi masa depan, dan berguna untuk menunjang penelitian atau penemuan selanjutnya. Hasil karya dapat berupa tulisan hasil interpretasi sendiri atau hasil uji coba atau hanya sebuah resume. Bagi sobat yang bergerak di bidang software hasil karya dapat berupa rekayasa perangkat lunak..dan sebagainya.

Contoh mudahnya : buatlah sebuah tulisan yang menarik unik, dan kira-kira berguna bagi orang lain lalu publikasikan melalui blog sederhana. Gampang kn, permasalahan orang lain mau baca. mau memanfaatkan  atau ngga yang penting secara prosedur sudah kita jalankan untuk memelihara kemampuan IPTEK yang kita miliki.

Baik sekian dulu sobat, jika ada tips lain dari sobat silakan?

0 komentar:

Posting Komentar

Tu comentario será moderado la primera vez que lo hagas al igual que si incluyes enlaces. A partir de ahi no ser necesario si usas los mismos datos y mantienes la cordura. No se publicarán insultos, difamaciones o faltas de respeto hacia los lectores y comentaristas de este blog.